Senin, 23 Januari 2017

Lulus SMA / SMK Berminat Sekolah PILOT ?

Pada Postingan sebelumnya saya sudah bercerita tentang gambaran dasar sekolah penerbangan. Informasi tersebut ternyata kembali mengundang banyak pertanyaan tentang Sekolah Pilot  dari sahabat-sahabat yang tertarik untuk mengikuti pendidikan penerbangan.
Sebelumnya saya akan bercerita tentang sekolah Patricia Yora terlebih dahulu yaitu Aero Flyer Institute. Disinilah Patricia Yora menimba ilmu dan menjalani flight training selama 2 tahun untuk mendapatkan license sebagai seorang penerbang.

Aero Flyer Institute (AFI) sejatinya adalah anak perusahaan dari maskapai swasta Batavia Air. Patricia Yora  adalah salah satu yang beruntung dapat menerima beasiswa penerbang dari Batavia Air, dan bergabung ke dalam keluarga AFI di angkatan ke 9 . Saat Patricia Yora  bergabung di AFI tepatnya pada tanggal 10 September 2009 , Patricia Yora  memiliki teman wanita asal Papua, dia menjadi satu-satunya sahabat perempuan Patricia Yora  yang selalu menemaniPatricia Yora  baik di sekolah maupun diluar sekolah. Namun sayang sekali teman wanita Patricia Yora  yang baik ini tidak dapat melanjutkan pendidikannya dan harus kembali ke tanah Papua. Dan pada akhirnya Patricia Yora  adalah satu-satunya wanita di antara 17 pria di angkatan Patricia Yora .


Aero Flyer memiliki 10 pesawat latih dengan tipe Cessna 150, dan Cessna 172. Dengan Call-Sign PK-HAA sampai PK-HAN yang menghantarkanPatricia Yora  dan teman-teman sampai lulus pendidikan. Patricia Yora  masih ingat pertama kali Patricia Yora  mengudara dengan pesawat PK-HAH dan pesawat ini terus menjadi pesawat kenangan dan favorit bagi Patricia Yora .
Selama 2 tahun Patricia Yora  belajar di Aero Flyer, proses pendidikan dibagi menjadi 2 tahap yaitu Ground Training dan Flight Training. Ground training kami tempuh dalam waktu 6 bulan di Batavia Training Center yang berlokasi di Bandara Mas, Cengkareng. Serta flight training selama 1 tahun 6 bulan di Bandara Budiarto, Curug dan Bandara Cakrabuwana di Cirebon.

Baca juga "Memang Cewek Bisa Jadi Pilot"

Tentunya perjuangan saat sekolah pilot tidak semudah belajar menyetir mobil dan juga tidak se-seram yang Patricia Yora  bayangkan. Aero Flyer sangat menghargai siswi wanitanya. Mereka tidak membedakan antara siswa pria dan siswi wanitanya, Semua memiliki hak dan kewajiban yang sama. Sebagai siswi penerbang Patricia Yora  tetap melakukan sendiri refueling pesawat, mengisi oli pesawat, membersihkan pesawat, mendorong pesawat, mengikuti pelatihan fisik bersama teman-teman pria. Tidak ada keistimewaan juga tidak ada pengucilan disini.

Selama Ground training kami para siswa diajarkan berbagai macam pelajaran basic tentang penerbangan, seperti Aerodinamic, Meteorology, Radio Telephony, Airlaw, Navigation, Power Plant dan masih banyak lagi. Pelajaran ini dijamin terus kita gunakan bahkan sampai kita telah lulus dan menjadi penerbang komersil. Kami juga mengikuti pelatihan Jungle and Sea Survival, bagaimana cara tetap bertahan hidup jikalau kita sampai mengalami “emergency situation” yang mengakibatkan kita harus mendarat darurat di air  ataupun di hutan. Kita benar-benar tidak membawa perbekalan dan belajar bertahan hidup dari alam. Sugguh pengalaman yang manis untuk dikenang tapi tidak mau untuk diulang. Hahaha..

Baca Juga "Pilot Cantik Indonesia"

Selama Flight training tentunya adalah masa-masa yang paling seru. Patricia Yora  masih ingat dengan jelas, 4 Januari 2010. Itu adalah first moment Patricia Yora  mengudara dengan Cessna 172, masih terasa bagaimana perasaan Patricia Yora  waktu itu ketika pertama kali pesawat tersebut naik dan terangkat ke udara karena tangan Patricia Yora  sendiri. That was one of the best moment in my life!!! Awan putih terlihat begitu jelas dari pesawat latih Patricia Yora  membawa Patricia Yora  melintasi area selatan dari Bandara Budiarto di ketinggian 3000 kaki di atas permukaan laut.
Dalam masa pelatihan terbang, semua siswa siswi penerbang diwajibkan harus bisa mnerbangkan pesawat sendiri tanpa bantuan instruktur ( terbang solo ) dalam waktu kurang dari 20 jam. Jika lebih dari pada itu, maka dengan sangat menyesal pendidikan siswa tersebut akan diberhentikan. Moment first solo adalah saat yang paling penting bagi seorang penerbang. Pasti tidak ada satupun penerbang yang melupakan saat terbang solo pertamanya. Setiap seusai terbang solo, kami mempunyai ritual (mandi oli) , dan Patricia Yora  pun sebagai siswi wanita merasakannya. Mencapai First Solo dengan 12 jam pada tanggal 15 Juni 2010, Patricia Yora  pun mengalami ritual yang sama dengan penerbang pria lainnya. Mulai dari mandi oli, disiram air selokan, mencium ban pesawat. Namun karena begitu senangnya pada hari itu, semua siksaan senior pun menjadi tidak terasa dan menjadi kenangan manis di masa sekarang.

Saat ini meskipun Batavia Air memang sudah tidak lagi berkarya di langit Indonesia, namun Aero Flyer masih terus membuka kelasnya dan mengadakan pelatihan bagi calon-calon pilotnya dengan program hingga Multi Engine Rating.

BAGAIMANA MEMILIH SEKOLAH PILOT YANG ‘PAS’ ?

  • Ada begitu banyak sekolah pilot di Indonesia saat ini. Mereka mempunyai tujuan yang sama yaitu menghasilkan pilot handal yang bisa berkarya menjadi pekerja langit Indonesia.Namun tentunya ada hal yang membedakan sekolah yang satu dengan yang lain, misalnya adalah lokasi pelatihan, lama nya tempuh pendidikan, program sekolah, fasilitas  sekolah, dll. Itulah yang membuat variasi dari harga sekolah pilot tersebut  Untuk memilih sekolah penerbangan yang cocok dengan kalian pastikan yang sesuai dengan kebutuhan kalian, contoh nya ada sekolah penerbangan yang menyediakan mess ada yang tidak, ada yang lokasinya dekat ada pula yang di luar Jakarta. Itu semua sesuai dengan kebutuhan kalian terutama kesanggupan dana. Sayang sekali saat ini sudah tidak ada lagi beasiswa penerbang yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan Indonesia. Terakhir yang Patricia Yora  ketahui hanya Wings Flying School, namun sayangnya Lion Group masi belum membuka kesempatan kerjanya pada pilot wanita.

BERAPA SIH KISARAN HARGA SEKOLAH PILOT?

  • Seperti yang saya sebutkan tadi di atas, harga sekolah pilot bervariasi sesuai dengan fasilitas dan paket yang ditawarkan. Kisaran harga sekolah pilot untuk mendapatkan license CPL-IR saat ini adalah 500-800 jt rupiah. (harga terus berubah mengikuti kurs USD)
  • MAU SEKOLAH DIMANA?
  • Berikut saya sertakan nama- nama sekolah penerbangan di Indonesia, informasi lebih lengkapnya boleh kalian cari di website sekolah tersebut masing-masing.


  1. Aero Flyer Institute
  2. Alfa Flying School
  3. ATKP Surabaya
  4. Bandung Pilot Academy (BPA)
  5. Bali International Flight Academy (BIFA)
  6. Deraya Flying School
  7. Flybest Flying School
  8. Ganesha Flying School
  9. Global Flying School
  10. Lombok International Flight Academy (LIFT)
  11. NAM Flying School
  12. Perkasa Flying School
  13. Proflight Flying School
  14. Rajawali flying School
  15. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

Untuk informasi mengenai masing-masing sekolah penerbang, silahkan kalian cari di website sekolah penerbang tersebut dan menghubungi contact person yang dicantumkan. Saya pribadi mungkin hanya bisa memberikan informasi tambahan untuk sekolah Aero Flyer Institute dan Alfa Flying School .

Mungkin informasi yang saya miliki kurang lengkap dan masih ada lagi Flying School yang belum saya cantumkan di atas. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan mengenai beasiswa penerbang dan daftar flying school tambahan untuk list saya, silahkan boleh tambahkan di comment.

Terimakasih Sudah Berkunjung jangan Lupa Share

Sumber : @PatriciaYora

1 komentar:

  1. Lengkap sekali ulasannya. Tapi mahal banget .. apakah ada beasiswa sekolah pilot ?

    www.sekolahpilot.web.id

    BalasHapus